Banner 468

MASJID BIRU

Posted by Roni Yulianto on - -

Entah, angin apa pengen banget posting tentang masjid yang satu ini..

Berawal pas nonton TV, trus pas adzan maghrib.. nah adzan maghrib itu klipnya ngambil dari masjid kubah emas yang ada di Depok. Masjid Dian Al-Mahri namanya..

Hmmm...sebenernya, gak gitu tertarik dengan kubah emasnya, cuma jadi tertarik sama alasan dari pembuatan masjid. Penasaran, sebenernya masjid yang baik itu masjid yang seperti apakah? Harus berkubah emaskah? Harus besar dan megahkah?

Bertanyalah anak pada bapaknya...
"Bapak, sebenernya masjid yang baik itu seperti apa?"

Kata bapak,
"Masjid yang baik itu masjid yang bisa menampilkan kesederhanaan dan kebersahajaan Islam serta bisa bikin umat Islam semakin giat beribadah.."

"Harus berkubah emaskah?"

Hehehe....

Kata bapak, sebenernya masjid yang baik juga dilihat dari historisnya... Bapak ngambil contoh Blue Mosque di Istanbul, Turki.
Begini sejarah singkatnya...

Masjid tersebut dibangun saat Istanbul (dulu Konstantinopel) jatuh ke umat Muslim. Sebelum jatuh ke tangan umat Muslim, Istanbul itu terkenal dengan bangunan-bangunan yang indah dan megah salah satunya adalah gereja Hagia Sophia (yg kemudian dijadikan masjid lalu sekarang jadi museum). Nah, Sultan Ahmed sang penguasa saat itu memerintahkan arsitek Mehmed Aga untuk membangun masjid yang bisa membuktikan bahwa arsitektur Islam itu tidak kalah bagusnya.

Didirikanlah Sultan Ahmed Mosque yg letaknya di seberang Hagia Sophia. Awalnya sang arsitek ingin masjid biru ini memiliki kubah yang lebih besar dari Hagia Sophia, tapi gagal. Malahan, sang arsitek ini membangun masjid yang sangat indah dengan proposi yang sempurna antara kubah-kubah besar dan kubah-kubah kecil di sekelilingnya serta minaret (menara tempat muazzin adzan) yang jumlahnya 6 buah, yang kemudian ditambah menjadi 7 buah.

Sejarah yang menakjubkan dibalik sebuah masjid. Sangat sepadan dengan hasilnya dan memang masjid biru ini menjadi salah satu bukti kebesaran arsitektur Islam di dunia. Lalu, ada cerita apa dibalik pembuatan Masjid Kubah Emas di Depok? Hehehe...
Tanpa melihat siapa arsiteknya, maksudnya, umat Islam atau bukan yang membangun Blue Mosque dan Hagia Sophia.. Keduanya emang merupakan bangunan yang sangat indah dan bagus... jadi pengen liat langsung..

Jadi makin tertarik ama topik tentang masjid nih, kapan-kapan ngebahas tentang masjid lagi ah...menyenangkan soalnya..

Oia, bapak juga bilang, kalo kita ngebangun masjid di dunia, sama dengan membangun rumah di syurga. Mudah-mudahan suatu saat aku bisa bangun masjid yang indah, sederhana, bersahaja, dan bersejarah... Amiiinn.


Ini Sultan Ahmed Mosque a.k.a Blue Mosque di Istanbul, Turki. Indah banget ya... Oia, kenapa terkenal sebagai masjid biru, ya karena kubahnya biru..

Categories: